Selasa, 05 Mei 2015

PANGANDARAN, CITUMANG, dan PASIR PUTIH CAGAR ALAM

Minggu lalu gue sama temen-temen ngumpul gue (Sanggong Caur) main ke pangandaran. Rencana awal kita mau jalan-jalan hemat, maklum kita kan kere. Jadilah kita berangkat dari Cikarang jam 9.30 malam menggunakan mobil pribadi. Kita bertujuh menuju Pangandaran dengan riang gembira, membayangkan ngemping di pinggir pantai, Mantappp. Tujuh jam pas akhirnya kita sampai di pangandaran. Dengan bermodalkan boss Bakti yang udah pernah ke sini sebelumnya, akhirnya kita ikutin saran dia. setelah melewati tugu yang mendakan kita sudah masuk wilayah Pantai Pangandaran  dan membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000, kita belok ke kanan. Jam 4.30 masih gelap boss di sana. Sudah lumayan jauh sampai akhirnya boss Bakti bilang "Den, belok kiri den. kita camp di sini aja sepi tempatnya.". Emang bener sepi broo, sepiiiii banget gak ada apa-apa kecuali pohon kelapa sama rumput yang bergoyang. Suara ombak terdengar jelas, pantai sudah terlihat. Dengan semangat 45 Deni langsung masuk ke lahan kosong di sebelah kiri yang di batasi tembok yang tingginya se pinggang orang dewasa. Mobil berhenti, kita turun sejenak menghirup udara pagi di pantai Pangandaran. Kemudian kita cari lapak untuk bangun tenda, setelah dapat kita bermaksud menggeser mobil ke tempat itu, But shitt... "Kayaknya mobil selip boss" Deni dengan datarnya berkata demikian. Gue dan yang lain turun bermaksud ngecek, dan Yesss beneran selip. gak sadar kita ternyata udah di daerah pasir, dan mobil kita tenggelam cukup dalam. Sedihhh brooo, dalem loh gak ngerti harus gimana, dongkrak aja nyelem. Ahhhh terlalu fokus sama selip, solat subuh pun tertinggal, Gak berkah banget sumpah.
Tapiiii Tuhan emang baik ya broo, kita lalai tapi masih di kasih bantuan. Malu banget *mewek. Atas bantuan bapak-bapak tukang warung yang di utus Alloh SWT untuk nolong kita akhirnya di jam 6.00 pagi itu mobil kita berhasil di selamatkan. Dan kita diriin tenda di tempat strategis banget, tanah datar,banyak rumput, dekat pantai dan dekat dengan warung bapak-bapak baik hati tadi. Selesai diriin tenda kita lari-lari di pinggir pantai, sepi banget beneran udah kaya nyewa pulau kita.



gambar tersebut di atas di ambil dari tempat kita nenda. Sepi kaannn
Tenang banget broo, Tapi sayang agak mendung jadi sampai dengan jam 7 matahari belum juga muncul. Mulai terasa capek lari-lari di pinggir pantai yang ombaknya aduhai, kita sarapan nasi kuning ibu-ibu yang nyamperin tenda kita. Harganya Rp 3.000 tapi rasanya boss mantap.


Kisaran jam 8 kita cuss ke Citumang. Gue si yang ngusulin dan gue si yang ngerengek minta ke sana, gue pengen berenang, soalnya di pantai kan main air doang gak puas. Sekita 30 menit kita sampai ke Citumang, Tulisannya gede banget di pinggir jalan jadi gak mungkin gak sampe kalo jalurnya bener. lewat gang situ langsung ada pemandu yang standby buat nganterin kita ke TKP. Pas sampe kita di bawa ke pos dulu, di jelasin ini onoh ini onoh kucrut. Bayar Rp 75.000 udah oke, perlengkapan body rafting lengkap plus pemandu. Kalo mau lebih komplit ada Rp 100.000 tambahan makan siang ayam bakar lesehan. Tapi kan rombongan gue kere jadi ambil yang Rp 75.000 aja.
Oia di Citumang ada 2 agen yang buka body rafting, gue saranin kalau mau ke sana pake jasa yang di parkir 1 aja ini resmi udah ada lesensi dari pemerintah setempat, jadi kalau ada apa-apa bisa di ganti rugi.
Oke jalan lumayan menuju TKP, sekalian ngelatih kaki buat nanti rafting yaaa... akhirnya kita sampai di sungai indah nan aduhai itu. Kamera di pegang sama pemandu jadi foto-foto yang ambil abang pemandunya. Spot pertama kita udah di tantang aja sama Citumang. Baru juga nyebur broo tepat di depan gua Citumang, kita di hadapin sama Tebing yang tingginya 7 meter manja. Ini kepala bahkan belom basah broo. "Ayo kali ada yang mau nyobain lompat. ini tingginya cuman 7 meter aja kok. kedalaman air di bawahnya 6 meter. jadi Insha Alloh aman lah. kalau gak aman ya palingan nanti pincang-pincang dikit." . What the... Heiii 7 meter pake doang? dan keamanannya masih Insha Alloh. gigi lu tinggal satu. Shock denger penjelasan tapi entah kenapa tangan ini dorong-dorong si Deni buat kita jadiin tumbal. Akhirnya dia naik juga lewat akar-akar pohon yang udah kesiram air, bayangan gue itu licin. Tapi dia sampai di atas dengan selamat.
"Kang kalau udah sampe atas terus gak berani gimana? turun lagi bisa?" gue nanya dengan serius.
"Kalau udah di atas, satu-satunya cara turun ya terjun, kalau gak berani ya berarti terpaksa..."
"Apaan?" gue penasaran.
"Di tendang pantatnya sama pemandu yang di atas itu." Gue shock, nelen ludah. Pengen pulang.
 "Ayoo foto dulu bang buat kenang-kenangan, takutnya nanti gak bisa lagi" Lagi-lagi si kang Jajang guide kita mengeluarkan kata-kata ngedropin nyali. Dan Deni berpose dengan seadanya.
Dan... BYUUURRRR.
Broo, dia lompat. Alamak serius itu tadi dia lompat. Gue tungguin palanya nongol. Dan nongol broo sambil teriak "Whuhuuuu asik boss". Dan sialan kata-kata itu seperti nantangin gue. "Ahhh gue mau ah." Panji siap nyebur menuju akar pohon. Dengan segera gue cegah, "Gue duluan.". Asemm sok berani banget gue. Oh damn, gue mulai memanjat akar-akar pohon dan sampai juga gue di atas tebing berketinggian 7 meter manja itu. Gue pose 2 kali, Belagu banget. Gue mundur siap-siap lompat, sampai di pinggiran tebing gue ngerem, duduk... "Gak maooo... Tinggi bangett." Sumprit gue langsung kebelet pipis, Tinggi banget boss. Terus gue di sorakin dari bawah, Di semangatin juga tapi sebenernya gak ngaruh, gue tetep takut. Usaha kedua dengan bacaan Basmallah yang gue hempaskan dengan sungguh, gue mundur lagi siap-siap terjun, Maju pas sampai pinggir tebing gue ngerem lagi, lutut gue lemes. "Bangg gue mau turun ajaa..." Gue ngerengek ke pemandu yang di atas. Sejurus kemudian gue inget kata-kata kang Jajang. Terus gue liat pemandu yang di belakng gue dari posisinya senderan ke tebing mulai tegap dan hendak berjalan ke gue sambil senyum. Gue males pantat gue di tendang, yaudah gue lompat.... Gue merasakan hembusan angin yang kencang, dingin. Gue ngerasa udah lama gue melayang kok gak nyentuh-nyentuh air. "Ya Alloh masa iya Anis udah wassalam. Manaan tadi gak solat subuh, yahhh Masuk neraka dah ini mah. Tadi jatohnya kemana gitu. apa kehantuk batu?". Sumpah di tengah terjun gue berpikiran begitu, gue kira gue tewas broo. Buka mata putih semua gitu, jantung gue gak gue rasain, gue ngelirik ke bawah... Byuurrrr. Airr aahh Airrr, Alhamdulillah gue mendarat, sempurna? gak sempurna-sempurna banget si, pantat gue sakit. Tapi gue pastiin bukan karena di tendang pemandu, bukan. Selanjutnya Panji dan Linda yang mencoba ketinggian 7 meter manja itu. Dari 7 orang anggota 4 orang berhasil mencoba terjum 7 meter manja itu, Alhamdulillah SELAMATT dan Nagihhh bosss.




Selesai dari situ kita pindah wahana, air terjun ketinggian 5 meter ajah. Setelah nyobain 7 meter, 5 meter gak ada apa-apanya.. huhhh kecil. Kita semua terjun dengan bahagia, airnya biru ijo gitu, cucok deh pokoknya. Karena air alami ya, keminum juga gak bikin muntah broo malah nagih enak kaya minum air es. Kita main uler-uleran khas body rafting dimanapun. Lompatan selanjutnya air terjun 3 meter, uhhh semakin gak ada apa-apanya. Byuurrr aja semua rame-rame, cucok lah. Terus ada tali yang di gantung di pohon. Jadi kaya game-game yang suka kita liat di tipi deh, gak sabar gue buat nyoba, kayaknya gampang. Seperti biasa kalau ada wahana mengerikan kita persilahkan Deni untuk nyobain duluan a.k.a tumbal. Kedua gue, gue pegang tu tali gede banget siap-siap berayun. Mundur dan tyuuuungByuuurrr.... Rese tangan gue licin banget belum jauh dari tempat berayun gue udah jatoh. Ternyata sulit juga, humm. Tapi adik gue bisa dan dapet foto indah, double rese. Terus kita lanjut lagi main uler-uleran, perlahan kita turun ke air yang lebih tenang dengan kedalam 10 meter kata abangnya. Tenang banget dan biru banget. Di liat dari atas gue jamin Cantik banget, tapi untuk berenang di sini gue cukup dag dig dug boss. Gue takut ada buaya (konon kan Citumang berasal dari nama buaya buntung yang jadi penghuni goa di sana kan si Tumang), atau bisa jadi ada Ular Anaconda atau kawan-kawannya, atau bisa aja di dalem sana ada piranha, atau bahkan Hiu. Oh god, that's so crazy for me. Gue fobia air tenang dan keruh boss, takut banget sumpeee. Tapi lama-lama asik juga gue berenang mengikuti irama alam. lumayan jauh juga sampai akhirnya kita stop di pintu air. Kita naik dan kemudian masuk ke selokan. Yupz selokan dengan air yang jernih dan pinggir-pinggirnya ada ribuan anak kepiting di dinding-dindingnya. Kita main uler-uleran di selokan dan selesai sudah perjalan menelusuri sungai Citumang. Puassss dan pengen balik Lagi.




Pulang dari Citumang kita balik lagi ke pangandaran, secara kita emang nenda di sana. Jam 11.45 kita sampai di rumah makan di pinggir pantai, Jejeran cafe pake bilik-bilik gitu, kita pesen makan siang. Temen-temen pesen nasi goreng pangandaran dan ayam bakar pangandaran, Gue sama adik gue emang hobi seafood pesen 2 jenis masakan cumi (Tiram dan Tepung) + cah kangkung. Penyajiannya? Lamaaaaa banget boss, udah di tinggal solat, tidur-tidur ayam, jajan cilok masih belum tersaji. Dan akhirnya 1 jam lebih 10 menit tu pesenan baru dateng. Porsinya? Jumbooo bosss. Gila banyak banget, gue langsung drop liatnya. "Njirr, gue pesen 2 cumi and cah kangkung lagi. berapaan ya.". Gue makan enak gak enak boss, Rasanya enak, Porsinya nampol, Cuminya seger tapi gue kepikiran bayarnya booosss... hadeuh. Selesai makan leha-leha bentar, dengan hati-hati kita minta bon. Taaraaa harga pun terpampang, Gue tersenyum puas. Cumi dengan porsi jumbo harganya cuman Rp 35.000 /porsi, Nasi goreng dan ayam bakar porsi jumbo Rp 15.000/porsi, dan cah kangkung porsi sepiring raja cuman Rp 8.500. Bahagiaaaaa.

Selesai santap siang kita cuss lagi menuju pantai pasir putih dan cagar alam di Pangandaran. Kita sewa perahu per orang Rp 7.500 ke pasir putih. Pas udah mau sampai kita di berentiin di tengah-tengah jadi pantai pasir putih cuman keliatan dari kejauhan. Si abang perahu nawarin muter-muter bentar ke perbatasan Australia, ngeliat batu kodok kawin, patung jempol yang kalo di deketin dia ilang, ke tempat penangkaran kura-kura. Dengan ke norak-an kita, kita berharap bisa melihat pulau Australia. Cusss kita setuju dengan sewa perahu Rp 300.000 kita muterin pantai pangandaran di tengah ombak yang menggila. Kemahlan itu boss, kalau mau Rp 200.00 aja. Begonya kita menantang maut, padahal ibu warung tadi udah bilang kalau sekarang ombaknya lagi ganas, kita malah main ke tengah coba. Musim panas justru ombaknya menggila boss... Tinggi banget, dan kita cuman naik perahu kayu, gak pake pelampung. Pea pake banget. Tapi seru. Seru teriak-teriakannya, seremnya, cipratan airnya, lompatan-lompatan perahunya, nerjang ombaknya... Bisa menapaki pasir lagi adalah Nikmat yang luar biasa. Setelah gila di sana akhirnya kita mencapai pantai pasir putih dan memilih berjalan pulang lewat Hutan (Cagar alam). Banyak monyet ekor panjang yang besar-besar di sana, ada Rusa, ada Nyamang, ada Pohon-pohon tinggi, ada goa-goa. Baru tau ternyata di sana banyak goa. Dan ada goa Jepang. kebetulan gue suka sejarah jadi gue tertarik banget mengunjungi goa-goa tersebut. Di sana ada pemandu juga untuk menyambangi goa-goa dan tempat-tempat indah di dalam sana, Rp 150.000. Tapi kita gak ada yang bawa dompet, karena pas tadi mau mulai perjalanan ke cagar alam ini di himbau untuk gak usah bawa apa-apa karena takut di ambil sama monyet-monyet liar. Dan bener aja, di hari itu ada turis entah asalnya dari mana, tas Tabnya di ambil sama monyet itu, Tabnya seharga dua juta dan ada uang cash juga.
Jadi dengan ketidak punyaan kita, kita nyewa senter aja ke bapak itu, satu senter Rp 10.000 . Kita masuk goa jepang, masih alami banget, bau amis darah masih santer tercium. Di ceritain sejarah goa itu. Gue nangis bosss,,, soalnya selain di ceritaiin kejadiannya gak sengaja gue ngeliat korbannya juga, Jepang tu jahat banget. Hikz hikz.
Hari semakin sore gak pengen kejebak malem di hutan kita cuss menuju pintu keluar, dan udah di gembok. Akhirnya kita manjat, keluar pintu itu kita di sambut sama puluhan monyet ekor panjang yang gede-gede, entah makan apa bisa gede gitu.
Dengan takut-takut, akhirnya kita bisa melewati mereka. Lanjut kita menuju tenda tercintah. Bergantian mandi dan jaga tenda. Kaki kerasa banget capeknya, abis renang 2 jam non stop, terayun-ayun di laut lepas, dan trekking di cagar alam Pangandaran. Rebahannn bosss.
Makan malam kita masak makanan yang emang udah kita bawa dari rumah. Selepas isya temen-temen pada tidur, tinggal gue sama Deni yang jaga udah kaya orang pacaran aja dua-duaan di pinggir pantai. Kita gak bisa tidur boss, soalnya tadi di bilangin kalau bisa jangan tidur semua takut ada apa-apa. Takut aja kita ada orang mabok ke situ, secara tempat kita gelap dan sepi banget kan, kalo ada apa-apa belum tentu ada yang nolongin. Akhirnya kita berdua bakar-bakar apa aja yang bisa di bakar, mulai dari sosis, bakso, sampe sampah juga kita bakar. Sekitar jam 9 ada rombongan touring entah dari mana, dan mereka juga mendirikan tenda agak jauh di kiri kita. Amaannn, gue sama Deni memutuskan untuk tidur. Kemudian kita terbangun di jam 4.30 karena adzan subuh, gile subuhannya pagi banget di sini. Keluar tenda cantikkkk banget bosss, semalem gak ada bintang tapi subuh ini bintang beribu-ribu ada di langit berkelap-kelip. Debur ombak memecah keheningan subuh itu, buih-buih ombak yang tinggi, dingin yang nyaman. Subhanlloh, Subuh yang indah. Selesai subuhan gue langsung main ke pantai, dan sekali lagi Pantaiii milik sendiri. Ombak di sisi kanan pangandaran ini jauh lebih tinggi daripada yang sisi kiri, makanya di sini sepi. Puas bermain jam 9 kita bersiap kembali ke Cikarang. See U Again Pangandaran, Indahmu dan Mistikmu semoga Lestari.










1 komentar: