Senin, 02 November 2015

Tak Selamanya ke Gunung itu "Muncak"

Sebenernya ini postingan lama, tapi berhubung tulisan saya ini diikutin lomba dengan persyaratan gak boleh masuk web mana pun jadi saya hold dulu untuk posting di blog sendiri. Berhubung lombanya sudah berakhir dan saya gak menang.. hehehe jadi saya coba publish my special journey ini.

Berawal dari lihat kalender ada tanggal merah yang bisa liburnya nerus, kita bertiga berencana asal rencana. Oia kenalin dulu kita bertiga namanya saya Anis, Teman saya yang selalu dijadiin tumbal Eko Deny, dan teman saya satu lagi yang hobi kentut si Bakti biasa kita panggil Bakso. Nah kita bertiga emangnya pecicilan gak bisa liat tanggal merah dikit langsung bikin rencana ke sono ke sini kucrut. Nah tanggal 14,15,16 Mei 2015 kemarin kita berencana mau habisin liburan untuk nanjak.
Rencana awal kita mau nanjak Pangrango tapi gagal dapat SIMAKSI, di tawarin calo biar dapet SIMAKSI kita nolak (Sok jadi anak bener). Oke belok deh ke gunung lainnya yang masih di Jabar karena gak berani jauh-jauh, Ciremai. Sampai dengan tanggal 12 Mei 2015 jam 18.30 Ciremai masih jadi pilihan kita. Sampai akhirnya jam 18.00 kita rapat di rumah saya cari-cari tau bagaimana caranya kita bisa sampai sana. Kita buka blog orang yang salah. Poor us. Blog-nya isinya ngeri banget, ahhhh Ciutlah nyali kita. Kita amatir, Belum pernah ke Ciremai, Cuman bertiga, Oke Batal batal.
Deny bilang kalau teman-teman kampusnya besok juga mau nanjak ke Sindoro di Wonosobo, Jawa tengah. Kembali menimbang-nimbang, Jauh banget ke daerah Jateng belum lagi baru kemarin-kemarin ada berita duka di gunung itu. Tapi kalau gak jadi berangkat gak mungkin karena preparation kita udah 110% sayang banget kalau gak jadi. Oke dengan keyakinan penuh dan Tekad yang kuat kita kontak temennya Deny untuk ngabarin kita mau ikut.
Besoknya sepulang kerja saya langsung casciscus. Selepas maghrib berangkat, soalnya kata Bakti yang kita utus untuk cari tiket, bus berangkat jam 18.00. Sinar jaya dan rumah kita deket palingan 15 menit, Tapi kita gak dapet tiket kalah sama orang-orang yang mau mudik.
Oke jam 19.30 kita masih gak dapet mobil, kita cuss ke terminal kp. Rambutan. Sama gak dapet mobil yang di maksud, akhirnya kita ketemu rombongan yang mau ke gunung Sumbing dan mereka naik bus Dewi Sri. Oia di sini kita berangkat cuman bertiga, temen-temennya Deni berangkat dari sore. Akhirnya kita naik bus Dewi Sri ke Purwokerto (Rp 60.000) tipe Ekonomi. Jam 23.00 bus berangkat. Entah perjalanan kita kenapa ada saja hambatannya. Di daerah Tegal bus kita pecah ban. Ya Alloh tolong. Kontek temennya Deny mereka sudah sampai terminal Wonosobo jam 10.00 dan kita masih di Tegal, pecah ban. Oke10921640_486618151492118_7534532732667870083_o nikmatin. Bus jalan lagi, lumayan lancar bisa tidur lagi. Bus berhenti lagi sampai matiin mesin. Ternyata di depan jauh di sana ada Bus pariwisata yang as rodanya patah (Kok bisa?).
Gile itu kita di Banyumas panas banget dan naik mobil Ekonomi desek-desekan. Saya jadi berpikir apa gerangan yang membuat perjalanan ini begitu pilu.. Hiks hiks padahal dari sekian perjalanan saya, ke Sindoro ini yang paling di restui mama saya yang susah banget ngelepas putri pertamanya ini ke alam bebas. Hiks Hiks. Hampir satu jam bus berhenti kita turun naik bus ngelepas penat dan panas, sempat terpikir pengen jalan ngelewatin kemacetan setelah itu kita naik ojeg atau angkot gitu ke terminal purwokerto tapi…
“Kamu mau bayar ojeg Rp 500.00 sampai terminal Purwokerto?” Bapak-bapak bilang gitu ke saya saat saya mengutarakan keinginan saya ke teman-teman saya. Saya terbengong-bengong, kirain kan dikit lagi bang, kan saya gak tau ya masih polos. Hee . Yasudah kita bertahan di dalam bus dengan kaos lepek karena keringat. Bus jalan lagi, 2 jam kemudian barulah kita sampai di terminal Purwokerto. Alhamdulillah. Jam 12.50 kita sampai dan bus yang bisa nganter kita ke Kledung (Rp 35.000,-) akan berangkat jam 13.05. Oke kita gak sempat makan dulu, cuman bisa beli nasi putih 2 bungkus dan Aqua aja. Udah nih ya jalan, hati udah gak sabar banget pengen segera sampai dan nanjak. 1,5 jam jalan lancar tiba-tiba berhenti total, ternyata di depan ada truk yang amblas. Puter balik itu bus akhirnya kita lewat jogja dulu. Ya Allooohhh helep.
Alhamdulillah pas maghrib kita sampai di desa Kledung. Sampai langsung ngurus SIMAKSI (Rp 7.500,-) solat, makan nasi goreng enak di warung depan basecamp, dan Bismillah. Tadinya kita bertiga pada saat ngurus SIMAKSI kita ketemu sama a Martinus dan a Wawan. Mereka ngajakin nanjak bareng, dan kita mau banget. A Tinus dan a Wawan keliatan banget gitu dah pro di lihat dari tasnya yang bener-bener kaya kulkas satu pintu. Jam 20.00 kita berangkat, naik ojeg dulu sesuai saran dari mas-mas yang ngurus SIMAKSI. Naik ojeg Rp 15.000,- sampai POS 1. Naik ojeg kita melewati rumah-rumah warga dan ladang kol, itu jauh banget dan ojegnya bawa motornya kaya orang kesetanan. Oke berdo’a bersama terus kita mulai pendakian.. yeayy
Awal-awal masih terasa asik. Bahu belum begitu terasa sedang membawa bawaan, Sepatu masih nyaman, Masih semangat bercanda-canda apalagi pas Bakti mulai mengeluarkan kehandalannya dalam mengelola kentut. 1 jam berjalan tanpa Istirahat dan masih berbincang-bincang asik. Akhirnya kita break minum dan instirahat sebentar, kita matiin headlamp dan menengadah ke langit, WOW Bintangnya banyak banget. Saya speechless pengen berehenti lama-lama di sana, tapi teringat tujuan dan motivasi kita POS 3.
Dimana di POS 3 temen-temennya Deny sudah mendirikan tenda dan memang perjanjian kita ketemuan di POS 3. Kita gak tau udah dimana, kan gelap yaaa… jadi kita masih asik aja gitu jalan di jalanan tanah yang asik karena abis di guyur hujan, dan Pohon-pohon tinggi di sekelilingnya. Baru kali ini saya menanjak malam hari, seru juga. Jalanannya kadang landai kadang naik turun kaya bukit gitu, asik banget deh. Sampai akhirnya kita sampai di POS 2 dan sudah ada 2 tenda di sana. Kita istirahat 15 menit di sana masih asik ketawa-ketawa bercanda riang gembira.
Dari POS 2 penampakan langit malam Wonosobo cihuyyy banget… susah di jelasinnya. Kita lanjut jalan lagi mulai tanjakan dan batu-batu besar. Oke Cobaan kayaknya, saya minum dulu yang banyak siap-siap tempur. Oke perlahan tapi pasti kita bisa melewatinya. Tapi kelamaan tanjakan semakin sadis aja dan batunya mulai besar-besar. Idiihhh parah deh baru saya merasakan yang begini. Mulai turun stamina, jadi sebentar-sebentar minta break. Saya mulai minta lihat peta ingin tau kita sudah dimana dan kira-kira berapa lama lagi sampa11091000_486619161492017_1624873281182206617_oi POS 3. Kalau pakai perhitungan sih deket tinggal ngelewatin semak belukar kita sampai POS 3. Oke saya lihat sekeliling tinggal rumput-rumput liar yang tumbuh di pinggiran trek, mungkin ini yang dinamakan semak belukar.
“Oke berarti sebentar lagi ya.. ayo deh.” Saya menyemangati diri sendiri.
Kita kembali lagi berjalan. Bener-bener deh tanjakan dan batu-batunya itu loh… oh my Alloh… Dengan sisa tenaga yang dipunya, kita terutama kami bertiga nanjak sampai yang merangkak, meluk batu atasnya, ah pokoknya wow banget. Kita jadi sering istirahat. 10 menit jalan 5 menit break. Bener-bener saya sudah mulai kepayahan terlebih lagi si Bakti. Tiba-tiba Bakti mengeluh pusing. Saya yang mulanya kepayahan jadi panik. Kita berhenti membiarkan Bakti tiduran sebentar semoga pusingnya hilang. Saya kelelahan plus waswas takut Bakti vertigonya kumat. Tanjakan masih gak ngasih ampun. Lagi-lagi gak tau kita sudah dimana, saya sama Bakti minta break sebentar. Berbarengan saya dan Bakti menengok ke keatas melihat trek berharap segera melihat tenda. Tapi apa yang kita lihat? Tanjakan terjal dengan batu-batu besar yang sangat tinggi, mungkin kemiringannya 70 derajat. Gileee saya dan Bakti drop…
“Engak-enggak. Gak Sanggup gue, Pala gue pusing. Tinggi banget itu. Bikin tenda di sini aja.” Bakti duduk melepas carrielnya.
Saya sebenarnya juga Drop dan bertanya-tanya dalam hati “Sampai kapankah tanjakan ini berakhir?”. Tapi melihat Bakti yang hampir give up gitu gak tega sama yang lainnya kalau saya tambahin ngeluh. Saya lihat sekeliling batu semua dan itu tanjakan, hello mau bikin tenda gimana modelnya coba?. Dengan bujukrayu sebisanya akhirnya Bakti mau lagi melanjutkan perjalanan. Kita akhirnya nanjak juga tuh tanjakan sarap. Kita bahu membahu saling tarik-tarikan untuk naik, merangkak lagi dan saling memberi support untuk bisa segera melewati tanjakan itu. Agak susah payah, sepertinya kita sudah melewati tanjakan sarap itu. Kembali lagi kita mendapat tanjakan dan batu-batu tapi lebih manusiawi ini tapi POS 3 masih juga gak keliatan. Beneran kalo di liat di peta tuh deket banget deh.
“Tuh ada suara orang kayaknya udah mau POS 3 tuh. Yuk yuk “ a Tinus nyemangatin kita.
Kita bener semangat dengan sura-suara itu. Tapi ternyata masih juga gak sampai-sampai dan malah suaranya menghilang. Bakti kembali lagi minta mendirikan tenda di trek tanjakan berbatu gitu. Akhirnya kita bujuk lagi lebih ekstra, dan Alhamdulillah kita ngelihat tenda-tenda. Semangat kita melanjutkan perjalanan. Kaki saya akhirnya menginjak POS 3 “Alhamdulillah” dan Bressssss ujan turun. Ya Alooohh apalagi ini.
Saya teriak-teriak mencari temen-temen Deny yang sudah mendirikan tenda disana, bermaksud menitipkan Bakti yang tepar. Bakti sudah sedakepan di pinggir batu cukup besar di POS 3 dengan jas hujannya. Deny, a Tinus dan a Wawan berusaha mendirikan tenda. Saya teriak-teriak tanpa hasil. Oke, Bakti anda harus bertahan. Tenda berdiri tapi banjir dalamnya, di bersihin dulu. Sudah bersih hujan pun berhenti. Cakep. Bakti langsung masuk sleepingbag, saya juga mulai kedinginan, Deny, a Tinus dan a Wawan megobrol entah ngobrol apa karena saya tertidur. Tiba-tiba nyium bau otak-otak, saya bangun. Ikutan a Tinus dan a Wawan bikin sop untuk si Bakti, dan Deny gantian tidur. Sop udah jadi tapi si Bakti gak mau bangun yaudah kita makan bertiga. Jam 3.00 saya keluar tenda duduk di sampingnya… Oh my Alloh thanks for this moment.
Saya melihat bulan bulat sempurna dan dikelilingi bintang-bintang kemarlap-kemerlip seolah sejajar dengan posisi saya duduk, tidak lagi harus mendongak untuk melihatnya. Sayang saya tidak keluar membawa kamera dan malas untuk bergerak mengambilnya, jadilah saya nikmati sendiri. Tak lama penghuni tenda sebelah keluar, kita jadi mengobrol sambil minum coklat panas bersama dan memandangi bulan indah di Wonosobo. Perlahan tapi pasti bulan dan bintang pun menghilang, samar-samar saya mendengar ada yang mengucapkan nama temannya Deny "Modo". Saya bangunkan Deny untuk mengecek, dan ternyata benar itu kawannya. Mereka menghampiri tenda kami sekaligus menengok Bakti yang masih di dalam sleeping bag. Jam 5.00 a Tinus dan a Wawan pamitan karena akan memburu sunrise di puncak Sindoro. Saya mupenggg aahhh ngiri ngiri ngiri pengen ikut. Tapi saya urungkan setelah melirik ke tenda ada Bakti di sana.
Akhirnya saya, Deny, dan kawan-kawan Deny yang berjumlah 8 orang itu menikmati sunrise di POS 3. Indah juga lohh, Gunung Sumbing terlihat kokoh di seberang sana, Awan putih menggumpal indah, Tawa-tawa dari para pendaki di POS 3 yang muali berfoto-foto dengan sang primadona, Matahari Terbit.
Alhamdulillah cuaca cukup cerah sehingga kami bisa menikmati itu meski tidak di puncak. Jam 7.00 kawan-kawan Deni meninggalkan kita, karena mereka memburu puncak Sindoro. Lagi-lagi rasa iri dan sedikit kesal timbul. ‘Kenapa sih si Bakti segala sakit?’ Itu penyataan egois dari dalam hati, sempat niatan meninggalkan Bakti sendiri di tenda. Tapi urung setelah mengingat di POS 3 ini babi hutannya banyak berkeliaran dan ganas-ganas. Terbukti tenda kawan-kawan Deny robek karena di terjang babi hutan yang besarnya sebesar anak sapi. Oke saya dan Deny sepakat tidak muncak, kita tunggu Bakti baikan dan kemudian turun. Muncak kan bisa kapan-kapan lagi tapi kalau sahabat apalagi sekocak Bakti cuman satu, kita gak ikhlas kalau dia nanti di culik Babi. Heee. Lagipula tujuan naik gunung adalah kembali dengan selamat bukan? Dan Puncak adalah bonus?. Oke Sindro I’ll be back for your TOP. Amin.


Jam 1 siang setelah kita makan, kita prepare untuk turun. Kita turun bertiga saja karena a Tinus dan a Wawan juga tkawan-kawannya Deny belum kembali turun. Di perjalanan turun kita heppi bahkan sampai lari-lari kecil. Dan yang saya juga Bakti cari, dimana itu tanjakan sarap yang semalam hampir mematahkan semangat kita. Sampai POS 1 kita tidak bertemu dengan tanjakan itu. Kemana gerangan? Ah Tapi yasudahlah yaaa yang penting kami bertiga turun dengan selamat Bahagia dan tidak kekurangan satu apapun kecuali puncak Sindoro.T__T
Kita bermalam lagi di kledung tapi di basecamp karena kemalaman dan sudah tidak ada bus ke Jakarta. Besoknya jam 7 kita berangkat dari Kledung ke terminal Wonosobo memburu bus Sinar jaya. Dan kita dapat Bus ke Bekasi dengan waktu keberangkatan jam 16.00 seharga Rp 100.000,-. Sambil menunggu jam 16.00 kita ngobrol-ngobrol di terminal dan bertemu dengan pedagang Mie Onglok. 
Serius mienya enak banget harganya Rp 10.000,- dan rasanya bikin kangen. Kalo ke Wonosobo wajib coba. Perjalanan pulang lancar, kita sampai Bekasi jam 5.00 . Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar