Nah kan sekarang udah gede ni, udah cari duit sendiri juga pengen banget kan gue. Pas Deni bilang ada rencana itu mula-mula gue cuman ngiri aja kan. Setelah seminggu lagi hari H, gue bilang Deni "Gue ikut dong." dan di oke-in sama dia tapi dia ingetin gue buat ijin dulu. Dan gue gak berani ijin... hahahaha
Akhirnya pelan-pelan gue berusaha ngode mamah gue kalo gue mau nanjak. Satu-satu gue siapin perlengkapan boleh minjem temen kantor terus gue taro ke kamar. Sleepingbag, Carrier, dan Tenda. Sleepingbag, Carrier bisa gue umpetin di kamar, terus gue beli jaket tebel, Buff, Baju anget, dan yang kecil-kecil deh bisa gue umpetin. 2 hari menjelang hari H tenda gue bawa pulang sambil do'a yang banyak. Sampe rumah mamah gak ada lagi main volley, Syukurlah. Tapi ini gak mungkin gue umpetin lagi, yaudah saatnya gue minta restu. Hahahah sambil dag dig dug. Mamah gue pulang langsung nanya "Ini apaan sih?" yaudah gue jawab itu tenda untuk nanjak gunung lusa sam Deni, Bakti, Zulfa dan teman-teman kampusnya. Deni, Bakti, Zulfa, dan gue udah temenan dari kecil jadi ortu kita udah saling kenal. Mamah gue percaya lah kalo kita main bareng-bareng udah apal watak kita semua. Oke mamah gue sewot dan menentang gue abis-abisan buat nanjak apalagi posisinya gue bakalan jadi cewek sendiri di tim nanjak nanti. Gue gak berani balikin omongannya nanti kualat. Udah aja pas bapak gue pulang kerja gue ngobrol sama bapak di depan mamah gue, gue jabarin persiapan gue yang udah inih onoh inih onoh kucrut. Bokap gue yang dulu waktu masih mudanya pernah nanjak 2 gunung doang tapi, justrus emangat ngajarin gue "Nanti di gunung jangan begini harus begitu... blalalala" Gue seneng banget. Hahahaha mamah gue manyun aja dengerinnya.
Hari kamis gue masih masuk kerja dan malamnya cuss berangkat dari Pasar induk cibitung. Masih di kantor bapak udah nelponin mulu ingetin gue jangan lupa bawa senterlah, jangan lupa jaketnya, dan segalanya. Semangat banget gue hari itu berharp cepet pulang kantor terus cuss.
Jam 9 malam di hari Kamis itu gue sama Bakti udah standby di rumah Deni, Keren banget kita bawa tas gede-gede. Hahahaha kayak orang bener. Tapi sampai dengan jam 11 malam temennya Deni belum juga calling kalau mereka udah sampe. Jadilah kita jam 12 malem baru cabut ke Pasar Induk Cibitung. Di sana kita nyari truk yang bisa bawa kita ke Garut. Kereennnn ke Garut naik truk,,,, haha norak banget gue.
Jam 1 malam dengan riang gembira, Desak-desakan karena truk sayur ukuran kecil di isi 15 orang di boksnya, dan Angin malam yang menerpa ganas kita meluncur ke Garut menuju Cikuray dengan Rp 25.000,-. Bismillah
Jam 5 subuh kita berhenti di depan masjid yang cukup besar tapi gak tau apa nama masjidnya. Kata supir truknya kita suruh jalan sedikit ke terminal yang katanya sebentar lagi. Kita kebingungan harus kemana dan gimana, Karena gak ada tanda-tanda keramaian dari yang di tunjuk abang truk tadi. Kita semua solat dulu di masjid itu, selesai solat ada bapak-bapak sepertiny marbot masjid yang nyariin sandal jepitnya yang ternyata di pake si Banteng. Sebelum Bantengnya dateng dan nyerahin sandal jepit tu bapak-bapak gue sama 2 orang temennya Deni ngobrol sama bapak-bapak itu nanyain arah dan kendaraan untuk ke Cikuray. Selesai solat semuanya, Modo sam Ridho ngabarin kalau kita dapet carteran mobil pick up untuk ke Cikray Rp 300.000. Oke kita menuju ke TKP, benahin barang-barang biar kita bisa masuk semua. Sebelum berangkat kita ketemu ibu-ibu cantik asli Garut jualan nasi kuning yang kelak jadi perbincangan hangat di bibir para laki-laki rombongan gue ini, Kita nyarap dulu. Oke gak buang-buang waktu kita segera berangkat menuju Cikuray. Hari jum'at pagi di kota Garut beda banget sama Bekasi apalagi Jakarta, Udaranya segerrrr banget. Apalagi pas udah sampai di kaki gunungnya, Beuhhhhh. Satu jam lebih kita di mobil dan mulai menanjak, ajibbb kanan kiri pemandangannya kebon-kebon milik warga yang hijau segar, dongak ke atas liat puncak Cikuray yang lancip cihuyy. Puncak Papandayan juga keliatan, Dinginnya udah beda. Lagi asik-asiknya nikmatin perjalanan tiba-tiba mobilnya batuk. Dan dan berhenti. Kita turun semua, dna gue gak boleh turun suruh tetep di dalem, cowok-cowok pada dorong mobilnya. Jalannya memang semakin nanjak dan berliku, keliatan pos pemancar masih jauh bingit. Alhamdulillah mobil jalan lagi, dan kembali lagi terbatuk dan berhenti, dan kembali lagi kawan-kawan lainnya mendorong. Tapi yaaa beginilah ya kalau sama teman-teman mau sesial apapun justru jadi asik dan menyenangkan. Mereka gak capek tu bolak-balik dorong mobil, malahan ketawa-ketawa, gue yang di dalem jadi ikutan ketawa padahal gak tau apa yang mereka ketawain. Akhirnya sampe di POS registrasi dan bayar Rp 10.000 /orang. Sambil nunggu mereka registrasi gue duduk di sebuah gubug kosong di samping POS registrasi, pada saat itu cuman kita yang mendaki beluma da yang lainnya. Gue masih terus bertanya gak percaya dalem hati "Serius ni gue nanjak?? Ya Alloh terimakasih banget." Tiba-tiba da ibu-ibu pemetik teh nyamperin " Bade nanjak neng? Ulah iseng nya, mugi selamet, hatur nuhun neng nya." Kurang lebih begitu deh, gue salaman sama itu ibu-ibu sambil jawab sebisa gue. Gue santai aja, seneng banget ketemu sama penduduk lokal. Selesai registrasi kita nanjak lagi dengan mobil karena pemancar masih jauh. Dan mobil kembali mati. Oke kita gak tega sama si mamangnya, akhirnay kita putusin berhenti di tempat mobil mogok dan melanjutkan ke pemancar dengan berjalan kaki. Pas mobil si mamang udah nyalah lagi dan bisa puter balik, si mamang turun lagi dan minta maaf ke kita keran gak bisa nepatin janjinya untuk nganterin sampai pemancar, Bagus banget orang kayak gini.
Ini belum mulai katanya tapi jalanan udah menanjak dan gue kecapekan berat. Perdana dan gue gak prepare fisik apapun, Nyesel. Sampe ke pemancar geu langsung tiduran di jalanan pelur yang ke pemancar TVRI. Minum aja kayaknya kurang mulu. Di POS Pemancar yang sekaligus POS satu itu ada warung dan toilet juga. Di sini titik terakhir kita bisa menampung air sebanyak-banyaknya. Satu jam kita istirahat di situ sekaligus melengkapi logistik kita. Jam 10 pagi itu kita mulai melakukan pendakian... Yeayyyy.
Awal pendakian langsung nanjak, gebleg banget. Kita ngelewati kebun-kebun teh cantik dan jalanan masih menanjak. Gue mulai capek padahal warung tadi aja masih keliatan... poor me. Zulfa nawarin gue tukeran tas. Dia yang emang udah sering nanjak dan agak pea ke gunung cuman bawa baju sama jacket, coklat dan 3 aqua ukuran sedang nuker tasnya sama gue. Gue beruntung banget jadi abwa bawaab enteng gini. Nanjak lagi, dan gue capek lagi terus di kasih gula merah sama modo. Itu ngebantu banget. Gue nanjak lagi, dengkul gue mulai lemes. Amit-amit masih di trek yang sama loh masih di antara kebun teh gue udah sepayah itu. Bolak-balik gue minta rest sampe akhirnya mulai masuk ke dalam hutan. Agak enakan karena adem, jadi gak terlalu seganas tadi. Tempo break gue berkurang dikit, tadinya 20 langkah breaknya 3 kali sekarang jadi 2 kali lumayan kaaannn. Tapi lama-lama makin ganas lagi gue jadi 10 langkah istirahatnya 3x. Gebleg nanjak gunung gini-gini amat yak. Mana minum harus di irit-irit karena gak ada lagi mata air.
POS dua jauh banget gak sampe-sampe. Untung ada juga temennya Deni yang pendaki baru jadi ada temennya buat gue minta istirahat. Bener deh sering banget kita istirahat. Karena ada yang udah sering annajak dan gak nyaman sama tempo kita yang lelet jadilah kita jadi tiga bagian. pertama Ridho, Ucul, dan Firman nanjak duluan biar cari lapak dan nginfo kalo udah deket sama POS dua, kedua Gue, Deni, Anto, Acil, Indra dan Anjar yang sebenernya kita di sini yang udah payah-payah, dan ketiga Modo, Banteng, Bakti, Zulfa, Jhon dan Bang Blay yang bertugas mastiin tim kedua masih ada dan gak tersesat. Dasarnya tempo tim dua yang emang lelet ujung-ujungnya gabung lagi sama tim tiga.. hahaha
Istirahat lagi dan lagi.. hahaha.
Perut mulai lapar, yang lain pada ngeremes indomie, Gue gak berani makan takut karena belum masuk nasi, Backpakernya nanggung yeee. Dengan halau rintangan khas Cikuray yang ajibbb, akhirnya kita sampe juga di POS dua jam 1 siang, tim pertama udah tidur di sana, songong banget. Gue sebagai pemula berpikir POS dua itu ada sebuah bangunan yang bisa buat kita istirahat atau tidur-tiduran gitu. Ternyata yang dinamakan POS dua itu hanya sebuah tanah datar yang gak terlalu luas palingan bisa diriin 4 tenda di sana. Kita yang kecapekan jadi ikutin yang tim 1 pada tidur deh di sana. Bener-bener tidur beralaskan matras dan beratapkan pohon-pohon besar. Ajibbbb. Gak kerasa udah jam 2 siang, gue kebangun liat jam kaget euy belom solat. Kita solat dulu tuh, abis itu mulai nanjak lagi. Kali ini posisinya berbeda. Ridho, Firman, Modo dan Banteng jalan duluan, di susul Anjar, Anto, Bang Blay, Indra, dan Acil. Terakhir yang paling lelet beres-beres dan belum pada pake sepatu jadi di tinggalin cukup jauh ada Gue, Deni, Ucul, Jhon, Bakti, dan Zulfa. Nanjak lagi dengan stamina baru itu semangat banget dan enjoy banget. Tapi lagi semangat-semangatnya tiba-tiba bau hujan, tau kan bau hujan tu gimana.
Dan yaaa Hujan pun mulai turun, tadinya kita masih maksain jalan tapi hujan malah maikin deres. Akhirnya kita berenti di pinggir pohon besar dan teduhan pake matras yang ada di luar tas. kita berenam desek-desekan di bawah satu atap yang sama. Akhirnya dengan bergantian satu nahan matras, satu nahan tas, satu pake jas ujan, kita pake jas hujan minus jhon karena jhon jas ujannya di carrier-nya yang sedang di bawa Modo, dan dia bawa daypacknay Modo. Dalam kesunyian yang semakin bikin ngantuk Deni dan Zulfa inisiatif diriin tenda. Mereka berdua meluncur keatas duluan cari lapak buat buka tenda. Agak lama Deni turun lagi nyamperin kita dna ngabarin kalau tendanya udah berdiri. Kita berjalan di bawah guyuran hujan dan di atas tanah licin dan menanjak menuju tempat yang di maksud. Syukurlah kita bisa neduh juga, dnegan baju yang sedikit basah dan dalam tenda yang desak-desakan kita sempat tertidur. Hawa semakin dingin aja, kita yang dari tadi tidur dengan keadaan terduduk supaya tendanya muat jadi dempet-dempetan. Yang cowo-cowo pada nyatuin kakinya biar lebih anget, nah gue??? bertahan dalam dingin berselimut kabut Cikuray. Agak khawatir kita sama yang udah pada jalan duluan. Ujan deres banget mereka pasti kebasahan, pada neduh dimana. Tenda cuman ada tiga, duanya ada di tim kita satu dibawa Deni, satu dibawa Ucul dan satu lagi dibawa Firman. Kasian sama tim dua yang gak ada tenda. Kita mau coba masak air buat bikin air jahe tapi yang bawa gasnya si Modo.
Hujan mulai reda, Deni mencoba mencari kawan yang mungkin masih bisa di gapai. Dan ternyata mereka belum terlalu jauh. Mereka turun lagi ke tempat kita diriin tenda, dan mereka kebasahan. Kasian banget, beberapa gak bawa jas hujan dan gak sempet pake jas hujan. Diskusi dan akhirnya kita putusin turun lagi ke POS dua dan diriin tenda di sana. Dan berencana gak muncak, besok pagi kita turun. Kecewa gue. Akhirnya ba'da Isya kita masuk tenda dengan hujan rintik-rintik di luar bikin tidur nyenyak banget. Subuh kita bangun mulai masak-masak. Saat masak-masak mulai banyak pendaki yang baru nanjak.
"Permisi kaaangg..." Ciri khas tegur-sapa para pendaki.
"Yoo kang, ati-ati..." jawab beberapa dari kita.
Semakin lama semakin banyak aja yang nanjak gak cowok gak cewek. Dan akhirnya kita panas juga.
"Lanjut nanjak yuk." Ridho ngusulin.
Dan gue serta beberapa teman lainnya mengiyakan dengan suka cita. Anto, Zulfa, dan Banteng memutuskan tidak ikut muncak dan memilih menunggu tenda karena mereka tidak membawa jas hujan takut nanti kena hujan lagi. Oke kita berduabelas mulai menanjak dengan tidak membawa apa-apa. Eh bawa deng air dan jas ujan yang kita titipkan di Deni.. hahaha.
Cikuray tu bener-bener ya, tanjakannya gak ada ampun. Gak bawa beban aja capeknya begini gimana kalo bawa berat. Akar melintang sana sini, Tanjakan curam di depan mata, ajibb deh.
Di POS tiga kita ketemu sama aa-aa entah dari mana lagi istirahat berdua sambil nyetel lagu, dari hape. Bakti request "A Cita Citata dong, Sakitnya tuh di sini." . Ehh si aanya sarap juga di iyain "Ada-ada. Bentar yaa..." dan Jreng jreng di POS tiga Cikuray Cita citata pun bernyanyi. Bakti dan Indra joget striptis bareng pohon-pohon, dan Jhon yang break dance di sana. Sisanya ketawa terbahak-bahak ngeliat mereka. Hahahaha punya temen konyol banget gitu.
Si aa tadi pun jalan duluan, di ikuti kita di belakangnya. dan saya lupa kita terpisah dimana. Kita jalan lagi terus dan tau-tau sudah sampai POS lima, POS empatnya kita gak ngeh. Di POS lima kita kecapean pake banget. Kita duduk di tanah lapang di sana. Lagi asik-asik bercengkrama tiba-tiba kita terkejut bersama.
"BANTENG..."
Manusia yang dipanggil Banteng ini tiba-tiba muncul. Sarap kan, dia nanjak sendirian dan cuman bawa air minum 600ml. Gue yang emang belum kenal banget kan ya, jadi dengerin aja temen-temen lainnya ngatain dia gila. Dari POS 6 ke POS tujuh treknya makin ancur aja, ada Pohon rubuh segala, gak cuman satu lagi. Lagi-lagi kita Istirahat, dan Songong banget Banteng yang baru dateng ninggalain kita.
Perlahan tapi pasti kita terus berjalan sampe akhirnya denger suara Ucul sama Firman yang teriak-teriak dari puncak. Kita jadi semangat untuk sampe ke puncak. Tapi kenapa gak sampe-sampe ya Allohhh.... Tapi dengan ketekunan dan kesabaran akhirnya puncak pun terinjak. Alhamdulillah.Pengalaman menanjak gunung pertamaku dan 'Muncak'. Takjub, Terharu, Speechless, Percaya gak Percaya. Susah di ungkapin. Meskipun gak ketemu Sunrise di puncak, Meskipun gak liat awan di bawah kaki, Meskipun gak seindah gambar-gambar di blog orang-orang, tapi ini emejing banget. Hummm Bahagianya tuuuu emmm pengen ngeluarin air mata tapi dia sampe gak sanggup keluar.
Satu jam kita di puncak, dan kita bermaksud kembali lagi ke tenda. Baru juga kita sampe POS enam, rintik-rintik hujan mulai turun. Gaspol kita turun biar gak kena ujan, soalnya kan ada yang gak bawa jas ujan. Tapi apalah daya, seusaha apapun kita kehendak Tuhanlah yang pasti.
Dresssss, lewat POS enam sedikit ujan pun turun dengan gembiranya, kita pada buru-buru pake jas ujan. Ridho lari duluan karena gak pake jas ujan, jas ujannya di kasihin ke Banteng. Gara-gara ujan jalan turun jadi seru, jadi sering kepeleset dan ngetewain temen yang kepeleset dengan ketidakelitannya. Hahahaha... Serulah pokoknya. Dan sampe juga kita ke POS dua tempat tenda kita berdiri. Untung ada temen yang tinggal jadi pas turun kita udah ada yang masakin.. yeayyy. Tapi masakannya.. emmm ya gak bisa terlupakanlah pokoknya. Nasi setengah mateng di campur sarden mentah tu.. emmmm.
Selesai makan kita bongkar tenda dan mulai turun kemudian pulang... Waahhh cepet banget padahal masih penegn ngecamp lagi. Jam 6 sore lebih kita mulai turun perkelompok. kelompok gue tinggal bertiga, Gue, Bakti dan Deni. Kita kelamaan benahin tendanya. Turun awalnya aman, eh ujan lagi ajah. Jadilah kita jalan kaya di aliran sungai deres banget. Ngeliat yang jatuh tersungkur, Guling-guling, bahkan jungkirbalik jadi biasa.. hahaha. Dan selepas Isya kita hampir sampai ke POS satu. Tiba-tiba di teriakin dari bawah...
"Jangan jalan licin-licin. Duduk aja. Nyrosot. Yang cewek bedrdua jagain jagain."
Yang diatas tinggal gue, Deni, Bakti, Jhon, dan Ridho. Cewek yang di maksud pasti gue, pasti gue.. huhhh gender banget. Tapi pahamlah mereka kan cowok ya kalo gak peduli ke gue berarti mereka gak gentle dong.. hahaha. Akhirnya gue sam Bakti nyerosot duluan dengan di bawah ada si Banteng yang siap nahan laju nyerosot kita. Gue sama bakti jadi kaya naik motor boncengan gitu.
"Ati-ati ya usahain ke kiri, soalnya di kanan jurang."Si Banteng teriak begitu.
Ahhh paniklah gue, keinget mamah yang gak ngasih ijin. Cuman berdoa dan pegangan sama Bakti yang kuat. Belom nyampe si Banteng, si Bakti malah berenti nyerosotnya dan gue kelepas dari dia kepental ke kanan untung dia bisa narik tas gue. Dag dig dug derrr jantung gue. Akhirnya gue liatin jalann kebawah.
"Oke so, gue kayaknya bis asendiri. Kalo tetep berdua bahaya kayaknya bisa kejadian lagi lo tiba-tiba brenti dan gue masih ngegas."
"Serius lu mba."
Dengan keyakinan penuh gue ngangguk. Dan teriak ke si Banteng "Woyy tangkep gue yaaa..". Dan gue pun nyerosot sambil teriak-teriak tapi gak inget neriakin apa... hahaha. Akhirnya gue berhasil turun juga. Gue kira udah aman tau-taunya masih turunan dengan tanah halus licin, jalan tu harus miring. Lagi pusing nyari jalan, tiba-tiba gue di tubruk sama Banteng, Bakti dan Deni dan Jhon dari belakang jadi gue jatoh dan nyerosot lagi ke bawah dengan kecepatan tinggi dan lagi-lagi gue teriak-teriak tapi lupa teriak apaan. Jantung gue kembali lagi dag dig dug derrr..... Pas berhenti gue langsung bangun ngeliat apa gerangan yang nubruk gue. Gue liat si Bakti tangannya kesakitan, gue malah ketawa sambil minggir turun... Hahahaha Seru sih udah lama gak main kotor-kotoran gitu. Ridho jalan santai lewat bibir jurang, songong kan. Terus kita istirahat di warung yang ada di situ, kalap makan gorengan dan teh anget sampe bergelas-gelas. Hahhaha. Alhamdulillah kita semua selamat dan bis akembali pulang. Dari POS satu kita carter mobil bak lagi tapi kali ini lebih mahal jadi Rp 400.000,-. Jam 12 malam kita di terminal Garut, kita tidur di sana dan pagi-pagi jam 4 kita dapet bus pulang, lupa nama bus dan tarifnya. hehe
Ini pengalaman pertama gue mendaki. Gak bakal gue lupain.
Mana pengalaman lo..??? :-)